Diberdayakan oleh Blogger.

What's Awesome

About Me

Explore The Archive

JS

Elie Aiboy: Jangan Terpancing Permainan Arab Saudi

D-EFR

on Sabtu, 23 Maret 2013 | 07.25.00


Elie Aiboy (kiri) (ANTARA/Prasetyo Utomo)
BantenXp - Penyerang Semen Padang, Ellie Aiboy menjadi pemain Indonesia terakhir yang mampu mencetak gol ke gawang Arab Saudi. Meski akhirnya kalah, Elie sempat menjebol gawang The Green Falcons saat bertemu timnas di penyihan Grup D Piala Asia 2007.

Dalam sejarah pertemuan dengan Arab Saudi, timnas memang belum sekalipun mampu memenangkan pertandingan. Dari 11 laga yang sudah dilakoni, Indonesia hanya mampu tiga kali bermain dengan skor imbang. Sedangkan sisanya selalu dimenangkan oleh Arab Saudi.

Kekalahan terakhir dialami timnas saat bertemu Arab Saudi di penyisihan Grup D Piala Asia 2007. Saat itu, Indonesia yang tampil sebagai tuan rumah sukses mengalahkan Bahrain 2-1 di laga perdana.

Di laga kedua, Indonesia lalu bertemu Arab Saudi. Meski sempat tertinggal oleh Y Al-Qahtani pada menit ke-12, tim Merah Putih berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan lewat gol Elie pada menit ke-17. Sayang, harapan untuk meraih poin pupus setelah The Green Falcons kembali unggul lewat gol telat yang dicetak oleh Al-Harthi.

Indonesia sendiri akhirnya tersingkir setelah di laga pamungkas kembali kalah 0-1 atas Korea Selatan. Dalam laga ini, gol tunggal Negeri Ginseng dicetak oleh Kim Jung-Woo pada menit ke-34.

"Saat itu kami memiliki target untuk lolos," kata Elie mengisahkan perjuangan timnya pada Piala Asia 2007. Menurut Elie saat itu, Indonesia yang dilatih oleh Ivan Kolev punya persiapan yang matang.

Setelah kekalahan tersebut, Indonesia sebenarnya sempat bermain imbang tampa gol melawan Arab Saudi. Hasil ini diraih saat timnas yang kala itu masih ditangani pelatih asal Belanda, Wim Rijsbergen menggelar uji coba di Kuala Lumpur, Malaysia, 7 Oktober 2011. 

Indonesia akan kembali bertemu musuh yang sama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Sabtu, 23 Maret 2013. Kedua tim akan bertarung pada babak penyisihan Grup C Pra Piala Asia 2015.

"Fokus dan jangan pernah takut menghadapi tim sekelas Arab Saudi. Saat kick off dimulai, jangan pernah takut, jaga tempo dan jangan terpancing dengan permainan lawan, dengan begitu kita bisa bikin gol,” ujar Elie memberi masukan kepada para pemain yang akan bertarung melawan Arab Saudi di SUGBK, Senayan, malam nanti.

Menurut Elie, tak mudah mengalahkan tim sekelas Arab Saudi. Meski persiapan punya peran yang penting bagi kesiapan tim, fokus terhadap permainan menurutnya juga jadi salah satu kunci permainan.

"Kalau kita fokus dengan umpan-umpan pendek, mainkan itu. Jangan
terpancing bola-bola atas, postur mereka saja tinggi-tinggi,” katanya. Di luar teknis, Elie mengingatkan, agar para pemain meletakan jiwa nasionalisme saat pertandingan digelar nanti.

"Semangat merah-putih itu harus disematkan di dada, jangan pernah takut kalah.” Diakuinya, persiapan timnas saat Piala Asia 2007, terbilang matang. Hanya saja, ia enggan membandingkan dengan persiapan timnas saat ini. Ia percaya, para pemain yang berlaga saat ini mempunyai kemampuan untuk mengimbangi permaian Arab Saudi.

"Pemain yang sekarang, teman saya semua. Seperti pemain Persipura, mereka punya pengalaman tampil di AFC, saya percaya pada mereka.”

/[ 0 komentar Untuk Artikel Elie Aiboy: Jangan Terpancing Permainan Arab Saudi]\

Posting Komentar